Yuk Mengenal Universitas Brawijaya!

Berita Terbaru – Universitas Brawijaya (UB) terletak di kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. UB secara resmi dideklarasikan oleh Presiden Republik Indonesia 5 Januari 1963. Terdapat 11 fakultas dan 1 program yang diselenggarakan di UB.Menjadi universitas yang berprestasi dan berperan aktif sebagai agen perubahan masyarakat melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Misi:
-Untuk Melakukan proses belajar-mengajar profesional.
-Untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan ciptaan Tuhan dan penghargaan terhadap hak-hak manusia dan makhluk lainnya.
-Melaksanakan proses akademik yang mendidik para siswa menjadi lulusan yang berkompeten tinggi dan profesional yang berkualitas.
-Untuk berinovasi, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, memberdayakan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan budaya bangsa.

Target Pembangunan
Pembangunan UB menuju World Class, Entrepreneurial University yang ditentukan berdasarkan Visi, Misi, dan Tujuan UB.Tiga aspek yang menjadi perhatian adalah: mendukung upaya pengentasan kemiskinan dan pengangguran, akses pendidikan tinggi, dan globalisasi pendidikan.

Visi
-Menghasilkan lulusan berkualitas yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, bertekad untuk terus belajar, berwawasan luas, memelihara disiplin dan etos kerja, serta mampu bersaing di tingkat internasional.
-Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, guna mendukung perkembangan budaya
-Untuk memberdayakan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan penerapan metode ilmiah

Bagaimana syarat anda masuk ke Universitas Brawijaya?
-Anda akan dianggap sebagai pelamar internasional jika Anda tidak memiliki kewarganegaraan Indonesia.
-Untuk dapat diterima, calon harus menunjukkan kompetensi akademik yang baik yang dibuktikan dengan prestasi akademik yang tinggi.

Pelamar internasional harus mendaftar langsung ke Universitas Brawijaya dengan menyerahkan satu set dokumen yang diperlukan (lihat diagram alur prosedur penerimaan). Pelamar internasional umumnya tidak diharuskan untuk mengikuti tes masuk untuk masuk kecuali jika terjadi kondisi khusus. Kelayakan untuk masuk didasarkan pada evaluasi meja yang dilakukan oleh panitia tes masuk UB atas prestasi akademik Anda. Pelamar internasional harus memenuhi persyaratan akademik, bahasa dan berkomitmen untuk mematuhi peraturan tertentu dari pemerintah Indonesia terkait dengan kebijakan pendidikan untuk melamar gelar di Universitas Sejarah Singkat Universitas Brawijaya.

Nama Universitas Brawijaya (Universitas Brawijaya) diberikan oleh Presiden Republik Indonesia melalui kawat no. 258 / K / 61 dikirim pada 11 Juli 1961. Nama ini diambil dari gelar Raja Majapahit, sebuah kerajaan besar di Indonesia dari abad ke-12 sampai abad ke-15. UB berubah menjadi PTN pada 5 Januari 1963, menyusul Keputusan Presiden yang dikeluarkan pada awal tahun yang sama. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Dies Natalis UB (khusus disebut Dies Natalies di kalangan sivitas akademika Indonesia). Sebelumnya, Universitas Brawijaya dikenal publik dengan singkatan UNBRA kemudian UNIBRAW. Pada rapat Senat Universitas Brawijaya tanggal 17 Maret 2008, UB dikukuhkan sebagai singkatan resmi Universitas Brawijaya.

Himne UB digubah oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan bernama Yanardhana pada tahun 1963, sedangkan Mars UB ciptaan Lilik Sugiarto pada tahun 1996. Kedua lagu tersebut masih sering dinyanyikan hingga saat ini. Kampus UB terletak di kota Malang Jawa Timur, dengan lokasi yang strategis dapat dijangkau dengan mudah menggunakan kendaraan umum. Dengan pepohonan yang tumbuh di segala penjuru kampus dan sejuknya udara Kota Malang, UB memang kampus yang sangat segar. Sebagai kota pendidikan, Malang berkembang pesat. Hal ini sepertinya tidak terlepas dari kejayaan Jawa Timur di masa lalu. Saat ini, UB merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 60.000 mahasiswa dengan berbagai gelar mulai dari Program Diploma, Program Sarjana, Program Magister, Program Doktor, dan Program Spesialis Kedokteran, di 12 Fakultas, 2 tingkat fakultas. Program, 1 Program Vokasi, dan 1 Program Pascasarjana.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *