Seputar Tentang Perguruan Tinggi Di Indonesia

Berita Terbaru – Jumlah perguruan tinggi di Indonesia telah meningkat dari 10 pada tahun 1950 menjadi lebih dari 2.000 saat ini. Indonesia dengan cepat menjadi tujuan populer bagi pelajar internasional.Sistem pendidikan tinggi Indonesia terbagi menjadi universitas, institusi, akademi, politeknik dan sekolah tinggi lanjutan (Sekolah Tinggi). Pada gilirannya ini dikategorikan sebagai swasta atau publik. Institusi publik telah ada selama bertahun-tahun sedangkan institusi privat relatif baru. Semua institusi pendidikan tinggi diawasi oleh Kementerian Pendidikan Nasional.Dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian telah merombak sistem pendidikan tinggi untuk mengatasi beberapa masalahnya. Ini termasuk akses yang terbatas bagi keluarga miskin, kurangnya ruang di lembaga publik dan tingkat birokrasi pemerintah yang tinggi.

Institusi publik
Dari 2.000 perguruan tinggi, hanya 30 yang bersifat negeri. Sekolah negeri menawarkan berbagai mata pelajaran dan pendidikannya dianggap berkualitas lebih tinggi daripada di lembaga swasta. Lebih dari separuh siswa yang kuliah di universitas swasta pergi ke sana karena kurangnya ruang di universitas negeri.

Masuk ke universitas negeri sangat kompetitif, dengan hanya 20 persen siswa yang mengikuti ujian diterima dalam beberapa tahun. Institusi swasta dan beberapa institusi publik mengelola tes masuk mereka sendiri daripada tes masuk standar.

Biaya kuliah di sekolah umum rendah tetapi bervariasi antar institusi. Sebagai perbandingan, biaya kuliah di universitas swasta bisa sangat tinggi. Diperkirakan, dengan reformasi pendidikan, biaya perguruan tinggi negeri cenderung meningkat di masa mendatang.

Perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Selain universitas negeri tingkat atas, kebanyakan institusi lain tidak dianggap berstandar barat.

Universitas Indonesia
Universitas tertua di Indonesia, didirikan pada tahun 1849, mengambil bentuknya saat ini pada tahun 1950. Universitas ini dianggap sebagai universitas terbaik di negeri ini dan menduduki peringkat 217 dalam QS World University Rankings 2011. Memiliki dua kampus, satu di Depok, Jawa Barat dan satu lagi di Jakarta Pusat.

Untuk mahasiswa internasional, Universitas Indonesia (UI) telah menjalin beberapa kerjasama dengan universitas luar negeri dalam rangka penyelenggaraan program double degree bertaraf internasional. Ini memungkinkan siswa untuk lulus dengan gelar dari UI dan satu lagi dari universitas mitra.Saat ini UI memiliki kemitraan antara lain dengan University of Melbourne, University of Queensland dan University of Amsterdam.

Pelajar internasional
Ada lebih dari 6.000 pelajar asing terdaftar di pendidikan tinggi di Indonesia. Mayoritas dari mereka berasal dari Malaysia dan banyak yang disponsori oleh pemerintah Malaysia. Siswa internasional diterima di program gelar penuh berdasarkan nilai ujian masuk mereka, selain itu mereka biasanya harus lulus ujian bahasa.

Biaya siswa internasional sekitar empat kali lebih tinggi daripada biaya untuk warga negara Indonesia. Biaya untuk universitas negeri bisa sekitar € 125 (US $ 157) per semester. Universitas swasta biasanya mengenakan biaya lebih, sekitar € 840 (US $ 1000) per semester. Institusi swasta juga biasanya mengenakan biaya pengembangan satu kali untuk siswa tahun pertama, ini bisa antara € 840- € 8,400 (US $ 1000 – $ 10,000) tergantung pada universitas dan mata pelajarannya.

Ada peluang bagi mahasiswa internasional untuk mengajukan beasiswa dari pemerintah Indonesia. Untuk informasi terkini, periksa situs web kedutaan besar Indonesia di negara Anda.

Semakin banyak universitas di Indonesia mulai menawarkan program yang diajarkan seluruhnya atau sebagian dalam bahasa Inggris. Lembaga-lembaga ini sebagian besar berada di wilayah Jakarta dan Surabaya. Universitas terkemuka yang menawarkan program sarjana dalam bahasa Inggris antara lain Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan di Jakarta, dan Universitas Surabaya dan Universitas Katolik Widya Mandala di Surabaya.

Pilihan lain untuk belajar di Indonesia termasuk program pertukaran budaya, program bahasa dan program pertukaran pelajar. Ini tersedia melalui organisasi pendidikan lokal dan internasional.

Jenis gelar
Ada lima jenis gelar yang diberikan di Indonesia:

-Diploma 3 (D3) Ahli Madya – Setara dengan gelar associate
-Diploma 4 (D4) Sarjana – Setara dengan gelar sarjana
-Sarjana 1 (S1) Sarjana – Setara dengan gelar sarjana
-Sarjana 2 (S2) Sarjana – Setara dengan gelar master
-Sarjana 3 (S3) Doktor – Setara dengan gelar doktor

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *